j5XpcW8LPSTMXB3E43AmnBvL2r59s0Bn3s1rqebM

[REKOMENDASI] 29 Anime Bersetting Dunia Game MMORPG Terbaik

rekomendasi anime game fantasy mmorpg terbaik
Sudah cukup banyak anime terbaik yang mengusung cerita di dunia game MMORPG. Bahkan sebelum anime seperti Sword Art Online dan Log Horizon rilis, konsep virtual reality ini sudah cukup populer sebelumnya. Dengan mengusung dunia game, tentu saja tidak bisa jauh-jauh dari yang namanya unsur fantasy.

Anime yang menggunakan konsep dunia game MMORPG ini biasanya akan menggunakan premis yang sama. Dimana karakternya bermain sebuah game online berfitur virtual reality namun kemudian terjebak dan tidak bisa keluar dari sana. Namun kadang juga mengisahkan tentang petualangan sang karakter utama di dunia fantasy untuk mengalahkan para monster.

Beberapa anime sudah berhasil menggunakan konsep ini dan menjadi populer di seluruh dunia. Penasaran dengan berbagai petualangan di dunia game? Silahkan lihat daftar anime yang bercerita tentang dunia game MMORPG berikut. Kalian wajib menontonnya dan tidak boleh melewatkan satupun.

Sword Art Online
rekomendasi anime game fantasy mmorpg terbaik

Kita mulai dengan sebuah anime yang bisa dibilang paling sukses membawakan konsep dunia MMORPG ini. Sword Art Online yang diadaptasi dari light novel karya Reki Kawahara ini mengambil setting di masa depan. Pada tahun 2022, game berjudul Sword Art Online yang menggunakan sistem virtual reality diluncurkan. Dengan menggunakan helm Nerver Gear, kesadaran pemain dapat ditransfer ke dalam dunia game.

Pada hari pertama peluncurannya, ribuan pemain telah log in dan memainkan Sword Art Online. Namun tiba-tiba sebuah insiden terjadi, para pemain yang ingin keluar tidak bisa menemukan tombol log out. Dari sanalah semua cerita berawal, dunia yang awalnya diciptakan untuk bersenang-senang berubah menjadi tempat yang menakutkan. Pemain yang kehabisan HP (hit point) di dalam game maka nyawanya di dunia nyata juga akan ikut melayang.

Karakter utama kita bernama Kirigaya Kazuto (Kirito), salah satu dari 1000 orang yang terpilih menjadi beta tester SAO. Kini nasibnya sama seperti ribuan pemain lainnya yang tidak bisa keluar dari dunia SAO. Hanya ada satu cara untuk bisa selamat, yaitu dengan mengalahkan boss yang berada di lantai 100 dari Aincrad.

Sword Art Online II
rekomendasi anime game fantasy mmorpg terbaik

Merupakan sekuel dari anime Sword Art Online, setelah berakhirnya insiden SAO, banyak bermunculan game MMORPG lainnya. Salah satu yang paling terkenal adalah GGO (Gun Gale Online) yang berpusat pada pistol dan senapan. Namun suatu hari, muncul sesosok karakter yang menyebut dirinya Death Gun. Ia berkata bisa membunuh para pemain di dunia nyata hanya dengan membunuh karakternya di dunia GGO.

Kirigaya Kazuto yang telah berhasil selamat dari insiden SAO dipanggil kembali untuk menyelidiki misteri ini. Dengan karakteristik GGO yang jauh berbeda dengan SAO, akankah Kirito mampu menyelesaikan misi penyelidikan tersebut? Siapakah dan bagaimana cara Death Gun membunuh para player? Silahkan saksikan sendiri!!

Sword Art Online : Extra Edition
rekomendasi anime game fantasy mmorpg terbaik

Seperti judulnya, ini merupakan “bagian extra” dari anime SAO dengan berlatar game ALO (Alfheim Online). Yui yang saat itu ingin melihat seekor paus membuat Kirito mengambil sebuah quest di bawah laut dimana mereka bisa menemukan seekor paus. Namun karena Leafa (Suguha) tidak bisa berenang, Asuna dkk bermaksud mengajarinya cara berenang di sebuah kolam renang di dunia nyata.

Sword art Online II : Debriefing
rekomendasi anime game fantasy mmorpg terbaik

Merupakan recap (kilas balik) dari kisah Sinon dan juga arc Phantom Bullet.

Sword Art Online : Ordinal Scale
rekomendasi anime game fantasy mmorpg terbaik

Sebuah anime movie dari SAO yang sempat booming di seluruh dunia. Hanya berselang satu setengah minggu dari timeline SAO II, kini sebuah perangkat baru bernama Augma yang berfitur augmented reality telah hadir.

Perilisan tersebut membuat game Ordinal Scale mewabah dan mengalahkan game lain seperti Alfheim Online. Kirito yang awalnya enggan untuk mencoba Ordinal Scale menyadari bahwa ada yang tidak beres dengan game tersebut. Akhirnya ia mencoba OS dalam rangka untuk menyelidiki keanehan tersebut.

Log Horizon
rekomendasi anime game fantasy mmorpg terbaik

Log Horizon ini punya cerita yang mirip-mirip sama Sword Art Online, yahh sama-sama terjebak di dunia game gitu. Disini ada game Elder Tales yang sangat populer saat itu, namun entah kenapa tiba-tiba para pemain tidak bisa keluar dari sana. Karakter utama kita bernama Shiroe, dia adalah seseorang yang mempunyai kecerdasan dan ketrampilan berpikirdiatas rata-rata.

Untuk bertahan di dunia game fantasy tersebut, Shiroe mendirikan sebuah guild yang diberi nama Log Horizon. Disana ia mengumpulkan berbagai pemain dengan skill dan keahlian yang berbeda-beda. Bukan hanya menyajikan petualangan seru di dunia game, namun juga ada unsur percintaan bagi kalian pecinta genre romance.

Log Horizon 2
Masih melanjutkan petualangan Shiroe dan anggota guild Log Horizon yang lain. Dunia Elder Tales masih sangat luas untuk dijelajahi.

Log Horizon Recap
Ringkasan dan tayangan ulang dari kisah Shiroe dkk di dunia game Elder Tales.

Overlord
rekomendasi anime game fantasy mmorpg terbaik

Anime yang satu ini juga masih menggunakan konsep terjebak di sebuah game online. Bermula ketika sebuah game populer bernama Yggdrasil akan ditutup tanpa alasan yang jelas. MC kita bernama Momonga (Ainz Ooal Gown), ia adalah pemain berlevel 99 yang menguasai makam Nazarik. Karena pemberitahuan bahwa game kesukaannya akan ditutup, iapun memutuskan untuk tinggal disana sampai servernya benar-benar ditutup.

Namun saat jam sudah menunjukkan tengah malam, dirinya tidak secara otomatis log out dan bahkan tidak bisa melakukannya. Menjadi satu-satunya pemain yang tersisa disana tentu membuatnya khawatir. Ditambah dengan keanehan lain dimana para NPC (Non Player Character) yang tadinya hanya bertindak sesuai program namun kini mulai memiliki kesadaran dan perasaannya sendiri.

Overlord : Fushisha no Ou
Ini adalah bagian pertama dari movie Overlord, masih menceritakan tentang Momonga dan para NPC lainnya.

Overlord : Shikkoku no Senshi
Nah yang ini adalah bagian kedua dan merupakan lanjutan dari Overlord : Fushisha no Ou.

Overlord : Ple Ple Pleiades
Versi spin-off dari Overlord, dan tentunya cukup menarik untuk ditonton.

Suka dengan video game? Kamu wajib nonton anime berikut!!
[REKOMENDASI] 9 Anime Bercerita Tentang Video Game dan Industri Anime

Hai to Gensou no Grimgar
rekomendasi anime game fantasy mmorpg terbaik

Setelah tersadar, Haruhiro mendapati dirinya terbangun di dunia bernama Grimgar yang mirip video game. Tak hanya dirinya, banyak anak muda yang juga mengalami hal yang sama. Mereka semua juga tak memiliki ingatan apapun selain namanya sendiri. Haruhiro dkk harus belajar bagaimana cara bertahan di dunia yang asing dan penuh dengan monster ini.

Grimgar of Fantasy no Ash Spesial
Bisa dibilang ini adalah episode 2,5 dari serial TV nya.

NB : Series .hack ini telah kami urutkan sesuai dengan timelinenya, jadi silahkan tonton dengan urut agar tidak membingungkan.

.hack//SIGN
rekomendasi anime game fantasy mmorpg terbaik

Sama seperti anime yang telah saya sebutkan sebelumnya, .hack//SIGN juga masih mengisahkan tentang perjuangan seseorang untuk keluar dari sebuah game. Ia bernama Tsukasa, terbangun di dunia game The Word tanpa ingatan apapun membuatnya kebingungan. Apalagi ditambah dengan dirinya yang tidak bisa log out, segudang masalah tersebut memaksanya untuk mengembara demi menemukan jawaban atas misteri itu.

.hack//SIGN – Intermezzo
Merupakan OVA sekaligus lanjutan dari .hack//SIGN, bisa dibilang sebagai episode ke 27. Cerita bermula ketika Tsukasa sudah dapat melakukan log out. Kali ini berpusat pada Mimiru dan Bear yang memasuki dungeon yang telah ditutup selama 2 tahun. Dungeon tersebut mempunyai efek untuk menciptakan monster secara random dari beberapa portal.

.hack//SIGN – Unison
Masih merupakan kelanjutan dari .hack//SIGN, yah sebut saja episode 28.

.hack//Liminality
Ini adalah OVA berjumlah 4 episode, kisahnya sendiri lebih banyak terjadi di dunia nyata daripada di dunia game.

.hack//Tasogare no Densetsu
Cerita terjadi setelah .hack//Liminality dan masih bersetting di dunia game The World. Diceritakan bahwa dua orang anak bersaudara Rena dan Shugo Kunisaki yang mendapatkan avatar legendaris “Kite” dan “Black Rose”.

.hack//GIFT
Ini adalah side story dari serial .hack//SIGN, berpusat pada kisah komedi antar para karakternya.

.hack//Roots
Berbeda dengan seri sebelumnya, .hack//Roots tidak berlatar di The World karena game tersebut sudah ditutup dan diganti dengan The World R:2. Tokoh utama disini bernama Haseo, menceritakan kisah sebelum dimulainya seri .hack//G.U dimulai.

.hack//G.U Trilogy
Anime movie dan kelanjutan dari .hack//Roots.

.hack//G.U. Trilogy Parody
Bonus sekaligus versi parody dari .hack//G.U Trilogy.

.hack//G.U. Returner
Anime OVA satu episode dan kelanjutan dari .hack//G.U. masih mengisahkan tentang Haseo dkk.

.hack//Quantum
Kali ini memiliki cerita yang berbeda dari serial sebelumnya, anime ini mengisahkan tentang Sakuya, Tobias dan Marry yang memainkan game “The World R:X”.

.hack//The Movie : Sekai no Mukou ni
Masih dengan latar yang sama, namun mengisahkan tentang Sora Yuuki yang diajak untuk bermain The World.

Quan Shi Gao Shou
rekomendasi anime game fantasy mmorpg terbaik

Ye Xiu dijuluki sebagai “Dewa Perang” karena keahliannya dalam bermain MMORPG bernama Glory. Namun karena suatu alasan, ia dikeluarkan dari tim dan memutuskan untuk meninggalkan karir gamenya. Setelah itu, ia memutuskan untuk bekerja di sebuah internet café. Namun saat Glory meluncurkan server kesepuluhnya, ia kembali memasukan dirinya ke dalam dunia game dengan karakter baru bernama Lord Grim.

Phantasy Star Online 2 The Animation
rekomendasi anime game fantasy mmorpg terbaik

Pada tahun 2017, sebuah game bernama Phantasy Star Online 2 menjadi sangat populer. Hampir setiap siswa di akademi Seiga memainkannya, kecuali Itsuki Tachibana. Namun karena popularitasnya, game tersebut harus diselidiki apakah menyebabkan dampak negatif kepada para siswa.

Saat itulah Rina Izumi merekrut  Itsuki Tachibana yang merupakan anak pintar dan cerdas disana. Ia diajak untuk bermain game tersebut sambil mempertahankan nilainya sebagai pembuktian bahwa game tersebut tidak mengganggu pelajaran. Kini nasib Phantasy Star Online 2 ada di tangan Itsuki.

Netoge no Yome wa Onna no Ko Janai to Omotta?
rekomendasi anime game fantasy mmorpg terbaik

Anime yang satu ini sepertinya menggambarkan kehidupan dunia maya yang sering terjadi saat ini dimana banyak para hode berkeliaran. Berpusat pada Nishimura Hideki, seorang pemuda yang mengalami trauma karena pernah tertipu oleh perempuan jadi-jadian (hode) di sebuah game online. Sejak saat itu ia tak pernah percaya pada orang yang mengaku wanita di game online.

2 tahun sejak saat itu, tiba-tiba ada seorang gadis yang mengungkapkan perasaan kepada Nishimura lewat sebuah game online. Orang tersebut ternyata adalah seorang gadis cantik (bukan hode) bernama Ako Tamaki. Ia adalah seorang gadis yang penyendiri dan sulit berkomunikasi dengan orang lain secara langsung. Akankah Nishimura menerima cinta Tamaki? Apakah ia percaya bahwa orang tersebut adalah seorang gadis asli?

Dunia game memang sangat menarik karena menyajikan petualangan seru di sebuah tempat fantasy yang penuh dengan hal keren. Itulah rekomendasi anime yang bercerita tentang dunia game MMORPG. Semoga dapat membantu kalian, kami juga menyediakan banyak rekomendasi anime lainnya.

Related Posts

Related Posts

Post a Comment