j5XpcW8LPSTMXB3E43AmnBvL2r59s0Bn3s1rqebM

Cara Jitu Untuk Mengetahui Berat Loading dan Kecepatan Blog Terbaru

Cara Jitu Untuk Mengetahui Berat Loading dan Kecepatan Blog Terbaru

Beberapa hal yang membuat pengunjung betah atau tidaknya di blog kita ialah bagus tidaknya sebuah konte ti blog tersebut, tapi sebenarnya bukan hanya dari faktor itu saja, karena ada faktor lain yang berperan penting dalam memuaskan pengunjung blog yaitu “waktu loading blog”

Yah benar sekali...

Karena blog yang memiliki loading halaman lama sangat memungkinkan untuk membuat pengunjung anda pindah rumah dari blog anda menuju blog tetangga yang memiliki loading blog lebih cepat dari anda.

Kenapa bisa begitu..?

Tetu saja bisa... Bayangkan saja ketika kita sedang mencari informasi internet lalu kita mengklik blog tertentu dan blog tersebut lama sekali responya, sudah pasti sangat menjengkelkan bukan?

Nah... Hal inilah yang menyebabkan pengunjung menutup tab jendela window blog anda dan mencari yang lain

Sebenarnya sih... Kalu kamu mau tahu nih... untuk masalah kecepatan loading halaman blog yang seperti ini itu juga bukan hanya tergantung dari seberapa besar bandwith yang di miliki blog agan tetapi juga tergantung dari koneksi internet pengunjung yang sedang mengakses blog tersebut.

Jadi... Jikalau si pengunjung ini ternyata memiliki koneksi internet yang besar dan cepat (mungkin ia pake koneksi wifi.id), maka waktu yang dibutuhkan untuk membuka halaman web juga akan cepat.

Sedangkan, jikalau pengunjung tersebut ternyata kok.. memiliki koneksi internet yang super lelet(mungkin kuota sudah mulai habis), maka untuk membuka satu halaman saja sudah di pastikan akan membutuhkan waktu yang lebih banyak ketimbang pengunjung yang koneksinya stabil dan cepat.

Tapi... Ada tapinya... percuma juga kalau pengunjung blog tersebut memiliki koneksi internet yang stabil cepat dan melimpah, tetapi halaman blog yang ingin dibukanya memiliki ukuran yang sangat berat.

Maka sangat dapat di pastikan kalau waktu yang dibutuhkan untuk memuat halaman tersebut akan memakan waktu yang lebih lama dari biasanya. Hal ini dakarenakan cepat tidaknya suatu  halaman web dimuat oleh pengunjung juga di pengaruhi oleh berat atau ringannya suatu halaman yang tengah ia akses.

Dan.. Sebagai seorang blogger, kita seharusnya dapat meminimal waktu muat atau loading halaman blog kita agar lebih cepat, selain itu juga agar pengunjung tidak pindah ke blog tetangga. Lalu bagaimana caranya?

Caranya gampang yaitu kita hanya harus melakukan komperes terhadap template blog yang kita gunakan sehingga nantinya ukuran berat halaman blog dapat berkurang serta bertambah ringan dan tentunya loading pun akan bertambah lebih cepat.

Selain cara itu, kita juga harus menghilangkan widget-widget yang sebenarnya tidak pernah anda perlukan seperti Kalender,Kamus Gambar, Jam dan lain-lain, hal ini dilakukan agar blog bisa lebih ringan dan lebih cepat
.
Cara Untuk Mengukur Berat Loading dan Kecepatan Halaman Blog

Nah... Untuk mengukur seberapa berat dan seberapa cepat waktu loading blog ternyata sangatlah mudah, sebenarnya banyak tools online yang bisa anda gunakan untuk melakukan pegukuran tersebut. Tapi..  di sini saya akan menggunakan Tools online yang bernama Iwebstools Speed Test.

Ok... Langsung saja:

Harap anda ikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini dengan benar agar tidak terjadi ke erroran nantinya, dan... Berikut cara untuk mengetahui berapakah ukuran dan kecepatan blog  dengan menggunakan tool online srvice:

Langkah pertama masukanlah alamat blog sobat yang ingin di cek kecepatanya ke dalam kotak Speed Test Iwebtools yang ada di bawah ini:

Masukkan Alamat Blog/Web Max 10 Url:
(eg. iwebtool.com)

Jika Anda punya lebih dari satu web atau blog, maka anda bisa memasukan semuanya hingga 10 alamat blog yang berbeda-beda, jadi anda tidak perlu mengukurnya sau-persatu dan juga sekalian untuk membandingkan kecepatanya dari blog yang satu dengan yang lain.
Kalau anda sudah memasukan alamat blog pertama, tekan maka langkah selanjtnya ialah tekan enter lalu sekarang barulah anda memasukan alamat blog baru pada baris yang baru atau di bawahnnya.
Dan yang terakhir Klik Check
Maka akan ada jendela tab baru yang akan memperlihatkanmu mengenai hasil dari pengecekan kecepatan blog yang telah kamu laukan.
Dan kamu harus tau... Hasil akhirnya nanti akan berupa Size (Ukuran Berat) jadi jangan kebingungan, lalu ada lagi Loading Time (Waktu Total Loading), dan yang satu lagi yaitu Average Speed per KB (Kecepatan Rata-Rata Per KB)
Hal Yang perlu anda diperhatikan saat ini ialah sizenya, sedangkan untuk average dan loading time speed per kb biasanya ia akan beruba-ubah sepanjang waktu tergantung dari kecepatan koneksi internet pada saat melakukan test tersebut, jadi tidak usah terlalu di perhatikan.
Jadi nanti bila hasilnya nanti berwarna merah, itu berarti blog anda itu memiliki waktu muat halaman atau loading page yang berada di kreiteria lambat. Sedangkan nanti jikalau hasilnya berwarna biru hal itu menandakan blog anda memiliki waktu loading yang berada di kriteria normal atau bahkan sudah termasuk cepat jika di bandingkan dengan waktu loading rata-rata.
Dan sekedar tambahan ukuran untuk berat blog yang ideal/normal yaitu kurang dari <100kb. Jadi kalau hasilnya nanti kok lebih besar dari >100kb maka anda harus melakukan kegiatan kompres terhadap kode CSS yang terdapat pada template blog anda saat ini.
Related Posts

Related Posts

10 comments

  1. ntap gan .. mudah nih

    ReplyDelete
  2. terima kasih nih mas tips nya sangat membantu ini:)

    ReplyDelete
  3. Wah ini artikel yang saya cari , thanks gan :D

    ReplyDelete
  4. bisa dicoba ni blog saya loadinya cepat apa kagak, makasi infonya gan bermanfaat bagi pemula seperti saya

    ReplyDelete
  5. Blog saya lumayan cepet nih cuma 1 seconds :)

    ReplyDelete
  6. ini yang saya cari kenapa blog ane lemot banget thanks infonya

    ReplyDelete
  7. Gan saya cuma punya satu blog tp koq gx bisa di coba y alamat tdk tersedia

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya ngga bisa di coba.. itu yang pas mau dicek berat loading blog nya apa?

      Delete
Ingin Berkmentar? Tidak Usah Malu-Malu Yang Penting Jaga Sikap Dan Tutur Kata!