j5XpcW8LPSTMXB3E43AmnBvL2r59s0Bn3s1rqebM

Mengenal Titan, Makhuk Mengerikan Pemangsa Manusia [Shingeki no Kyojin]

Artikel ini diusahakan tidak mengandung spoiler!!! Aman dibaca bagi kalian yang belum menonton animenya.

Apa Itu Titan?

Titan merupakan karakter antagonis yang menjadi pusat cerita dalam anime Attack on Titan (Shingeki no Kyojin). Mereka adalah sebuah ras humanoid raksasa tanpa akal yang diperkirakan muncul untuk pertama kali pada 107 tahun sebelum tahun 845. Namun sepertinya mereka sudah ada sejak 2.000 tahun yang lalu. Sejak saat itu mereka terus memangsa manusia sehingga membuatnya mendekati ambang kepunahan.



Bentuk dan penampilan titan sangat menyerupai manusia telanjang namun tanpa alat reproduksi. Mereka biasanya juga berjalan dengan 2 kaki, namun pada beberapa kasus ada yang memiliki kelakuan aneh. Beberapa titan sepertinya terlihat mempunyai “kelainan” seperti proporsi tubuh yang tidak seimbang atau kepala yang membesar. Titan biasanya memiliki mulut lebar yang dipenuhi oleh sederet gigi persegi.

Tingkah Laku

Tidak seperti makhluk lainnya, titan tidak melakukan hubungan untuk membuat keturunan. Sampai saat ini tidak diketahui apa dan bagaimana mereka terus bertambah banyak. Selain itu titan juga tidak melakukan interaksi dengan makhluk selain manusia (ada beberapa pengecualian untuk titan yang memiliki kecerdasan).

Tidak diketahui apa tujuan titan memangsa manusia karena sebenarnya mereka tidak membutuhkan makan. Hal ini dibuktikan setelah dinding raksasa berdiri selama satu abad, para titan tersebut tetap bisa hidup tanpa memakan manusia (mereka juga tidak memakan hewan dsb). Namun ada satu penjelasan untuk hal ini, alasan yang paling masuk akal adalah karena mereka sedang mencari manusia dengan kekuatan titan. Jika mereka berhasil memakannya, maka titan tersebut akan bisa berubah menajdi manusia.

Titan juga tidak akan bereaksi serta merasakan rasa sakit, mereka juga hanya akan bergerak jika ada sinar matahari. Titan juga tidak memiliki organ pencernaan seperti manusia pada umumnya. Mereka hanya memiliki rongga perut yang berfungsi untuk menyimpan jasad manusia yang telah mereka telan. Setelah perutnya penuh, mereka akan memuntahkannya kemudian mencari manusia untuk dimangsa kembali.

Kebanyakan titan tidak terlihat memiliki tanda-tanda kecerdasan, mereka sering bertindak seperti binatang, mudah dikelabuhi, ditipu serta dialihkan perhatiannya. Sembilan titan (Nine Titans) merupakan sebuah pengecualian, mereka memiliki kecerdasan layaknya manusia karena dikendalikan oleh manusia. Namun beberapa titan tipe abnormal kelihatannya menunjukkan sedikit tanda-tanda kecerdasan.

Fisiologi Tubuh Titan

Tubuh titan sepertinya tidak tunduk pada beberapa hukum sains, mereka sangat unik karena bisa menghasilkan energy dan massa bahkan tanpa memakan apapun. Selain itu tubuhnya juga “ringan” sehingga mereka bisa bergerak dan berlari cukup cepat walau dengan tubuh yang besar. Walaupun memiliki hidung dan organ lainnya, titan sebenarnya tidak perlu bernafas untuk tetap hidup.

Sumber Energi Para Titan

Titan sebenarnya memperoleh energy dari sinar matahari, oleh karena itulah mereka tidak beraktivitas pada malam hari. Jika kekurangan sinar matahari, mereka biasanya akan menunjukkan tanda-tanda pelemahan. Hal ini dibuktikan dengan titan Sonny yang ditangkap menjadi “jinak” dan sekarat hanya karena tidak mendapatkan sinar matahari selama satu jam. Namun hal ini hanya berlaku untuk titan tak berakal, Sembilan Titan tidak memerlukan sinar matahari untuk mendapatkan energy.

Kemampuan Penyembuhan Titan

Titan memiliki kemampuan regenerasi yang luar biasa cepat, hal inilah yang membuat mereka sulit untuk dikalahkan. Bahkan jika kepalanya terputus, hal itu belum cukup untuk membunuh mereka. Satu-satunya cara untuk membunuhnya adalah mengiris bagian tengkuknya paling tidak sepanjang 1 meter dan selebar 10 cm. Setelah dikalahkan, tubuh titan akan mengalami penguapan sampai menjadi tidak tersisa.

Related Posts

Related Posts

Post a Comment