j5XpcW8LPSTMXB3E43AmnBvL2r59s0Bn3s1rqebM

[REKOMENDASI] 17 Anime yang Mirip Mob Psycho 100

rekomendasi anime mirip mob psycho 100
Mob Psycho 100 merupakan anime action comedy yang dirilis pada summer 2016 berdasarkan adaptasi dari web manga karya ONE. Pada masa tayangnya, anime ini cukup menyita perhatian banyak orang. Selain karena ceritanya yang menarik, mungkin juga dikarenakan efek dari anime One Punch Man yang tayang di tahun sebelumnya. Kedua anime ini sama-sama diadaptasi dari web manga karya ONE, jadi keduanya memiliki kesamaan dalam beberapa aspek.



Sinopsis Mob Psycho 100

Cerita anime ini berpusat pada kehidupan seorang murid SMP bernama Kageyama Shigeo atau yang lebih dikenal dengan Mob. Sejak kecil ia sudah memiliki kekuatan psikis yang bisa digunakan untuk berbagai hal. Namun ia lebih suka hidup tanpa kekuatan tersebut dan berusaha untuk tidak menggunakannya.

Hal ini karena setiap kali Mob menggunakan kekuatan psikisnya, orang-orang selalu memandang negatif kepadanya. Bersama Arataka Reigen, sang mentor yang selalu berusaha mengeksploitasi kekuatan psikisnya. Mob belajar bagaimana cara menggunakan kekuatan psikis miliknya dengan bijak.

Mob Psycho 100 bisa dibilang sebagai salah satu anime lucu dan kocak, dengan art yang mendukung akan membuat penonton ngakak dibuatnya. Untuk season keduanya belum ada kabar resmi dari pihak studio Bones sehingga para fans harus bersabar. Untuk itu kali ini Chameleonime kembali menyajikan daftar rekomendasi anime yang mirip Mob Psycho 100. Itung-itung bisa menjadi sampingan dan menggantikannya sambil menunggu kabar dari season 2 nya.

Daftar Anime yang Mirip Dengan Mob Psycho 100


One Punch Man
rekomendasi anime mirip mob psycho 100

Tidak ada yang lebih pantas berada di peringkat pertama selain One Punch Man. Selain karena di authori oleh orang yang sama, dari segi konsep kedua anime ini memang cukup mirip. One Punch Man merupakan salah satu anime terbaik yang diproduksi oleh studio Madhouse.

Berkisah tentang kehidupan seorang pemuda botak bernama Saitama, meskipun berwajah polos, ia memiliki kekuatan yang tidak tertandingi oleh siapapun. Menjadi karakter yang terkuat dan overpower bukanlah sesuatu yang mudah, kini ia harus bersusah payah mencari seorang lawan yang sepadan dengannya.

Alasan One Punch Man Mirip Dengan Mob Psycho 100

  • Diadaptasi dari web komik yang ditulis oleh orang yang sama yaitu ONE.
  • Memadukan unsur action, comedy dan supernatural dengan sangat baik.
  • Memiliki sense of humor yang absurd dan bikin ngakak, selalu ada comedy di setiap pertarungannya.
  • Kedua protagonistnya berwajah lugu dan polos namun menyembunyikan kekuatan overpowered.
  • Karakter utamanya sama-sama memiliki kehidupan yang membosankan.


Suka One Punch Man? Baca juga...
[REKOMENDASI] 10 Anime yang Mirip One Punch Man

Saiki Kusuo Psi-nan
rekomendasi anime mirip mob psycho 100

Diberkati dengan kekuatan supernatural sejak lahir tidak lantas membuat kehidupan Saiki Kusuo menjadi mudah. Dengan segudang kekuatan psikis yang dimiliki, ia bisa saja melakukan berbagai hal yang mustahil bagi orang lain. Namun Saiki memutuskan untuk berhenti menggunakan kekuatan tersebut karena setiap ia menggunakannya orang-orang akan berpikiran aneh kepadanya.

Alasan Saiki Kusuo Psi-nan Mirip Dengan Mob Psycho 100

  • Kedua karakter utamanya memiliki kekuatan psikis yang hebat namun mereka lebih suka menyembunyikannya.
  • Kedua karakter tersebut berbagi takdir kehidupan yang sama, yaitu memiliki masalah dengan kekuatan yang dimilikinya.
  • Sama-sama memiliki unsur comedy di setiap alur ceritanya.


Boku no Hero Academia
rekomendasi anime mirip mob psycho 100

Midoriya Izuku terlahir sebagai anak normal di tengah populasi manusia yang mayoritas memiliki kekuatan super. Namun hal tersebut tidak pernah memadamkan semangatnya untuk menjadi seorang hero seperti idolanya, All Might. Melihat keberanian serta tekad Izuku, All Might memutuskan untuk mewariskan quirk legendaris One For All miliknya. Dari sinilah ia harus belajar bagaimana cara menjadi seorang hero di U.A.

Alasan Boku no Hero Academia Mirip Dengan Mob Psycho 100

  • Keduanya diproduksi oleh studio Bones sehingga nampak mirip.
  • Mengisahkan tentang seorang karakter yang belum bisa mengendalikan kekuatannya.
  • Kedua MC nya terlihat seperti orang yang lemah, namun sebenarnya sangat kuat.


Noragami
rekomendasi anime mirip mob psycho 100

Meskipun menyandang gelar dewa, Yato merupakan seseorang yang sangat miskin dan tidak memiliki pengikut. Agar keberadaannya tidak menghilang, ia pun mengerjakan berbagai permintaan dari manusia demi imbalan sebesar 5 yen. Uang tersebut ia kumpulkan demi membangun sebuah kuil untuk dirinya sendiri.

Alasan Noragami Mirip Dengan Mob Psycho 100

  • Mampu menyajikan adegan pertarungan yang seru.
  • Jika di Mob Psycho 100 lawannya adalah roh, di Noragami mereka melawan ayakashi.
  • Meskipun nampak lugu, Yato sebenarnya menyembunyikan kekuatan yang besar seperti Mob.


Great Teacher Onizuka
rekomendasi anime mirip mob psycho 100

Eikichi Onizuka merupakan seorang pria berumur 22 tahun yang pernah menjadi ketua geng motor. Namun kini hidupnya berubah dan menjadi seorang guru, meski begitu sifat dan kepribadiannya belum sepenuhnya berubah. Berbeda dengan guru lainnya, cara Onizuka mengajar sangat tidak biasa.

Misalnya murid yang berbuat ulah diancam akan dijatuhkan dari gedung sekolah. Meskipun tidak memiliki sopan santun dan tata karma,  pada akhirnya orang-orang sadar bahwa ia memiliki hati yang baik.

Alasan Great Teacher Onizuka Mirip Dengan Mob Psycho 100

  • Onizuka ini mirip dengan Reigen, mentor dari Mob. Meskipun awalnya tidak terlihat seperti orang yang baik, namun sebenarnya mereka berdua sangat peduli kepada muridnya.


Shinsekai Yori
rekomendasi anime mirip mob psycho 100

Di Jepang telah lahir sebuah utopia, karakter utama kita bernama Saki Watanabe, ia tinggal di sebuah desa yang terisolasi dari dunia luar. Dunia kini dikuasai oleh orang-orang yang memiliki kekuatan dewa yang disebut Juryoku. Hingga suatu hari, Saki mendapatkan kekuatan Juryokunya, akhirnya ia pergi ke akademi sage untuk berlatih bagaimana menggunakan kekuatan tersebut.

Alasan Shinsekai Yori Mirip Dengan Mob Psycho 100

  • Kekuatan, pertemanan dan musik yang bagus terdapat di kedua anime ini.
  • “Remaja yang terlibat masalah karena kekuatan besar yang dimilikinya”, adalah sebuah kalimat sederhana yang menggambarkan kedua anime ini.


Kill la Kill
rekomendasi anime mirip mob psycho 100

Berlatar di sebuah SMA dimana murid-muridnya memiliki seragam yang dapat memberikan kemampuan khusus. Karakter utama disini bernama Matoi Ryuuko yang memiliki senjata berbentuk setengah bagian gunting. Tujuannya adalah mencari seorang wanita yang memiliki setengah bagian lain dari gunting tersebut. Diduga wanita tersebut adalah dalang dibalik pembunuhan ayahnya.

Alasan Kill la Kill Mirip Dengan Mob Psycho 100

  • Karakter yang unik serta pertarungan yang seru.
  • Sama-sama berlatar di sekolah.
  • Mempunyai lagu opening dan ending yang keren.


Kekkai Sensen

Tiga tahun yang lalu, terbuka sebuah portal misterius yang menghubungkan kota New York dengan underworld. Kini New York dihuni oleh manusia dan makhluk dunia lain, sehingga namanya berubah menjadi Hellsalem Lot. Leonardo Watch, seorang anak laki-laki yang secara tidak sengaja bergabung dengan Libra, organisasi penjaga di Hellsalem Lot. Disana ia harus menangani berbagai masalah akibat ulah makhluk dari underworld.

Alasan Kekkai Sensen Mirip Dengan Mob Psycho 100

  • Leo dan Mob memiliki kekuatan yang sangat besar.
  • Art dari kedua anime ini memang berbeda namun masing-masing memiliki keunikan sendiri.
  • Terdapat side char yang suka ngomel, Dimple di Mob dan MPO di Kekkai Sensen.


Gakkou no Kowai Uwasa Shin : Hanako-san ga Kitta!!

Cerita dari anime ini berpusat pada Hanako, seorang gadis yang tingal di dunia supranatural. Namun saat datang ke dunia manusia, ia mengambil wujud seorang anak sekolah. Kisah ini adalah versi kebalikan dari urban legend tentang Hanako di Jepang. Cerita aslinya adalah kisah tentang seorang hantu yang tinggal di toilet sekolah.

Alasan Gakkou no Kowai Uwasa Shin : Hanako-san ga Kitta!! Mirip Mob Pyscho 100

  • Walaupun memiliki visual yang berbeda karena anime ini di jaman 90an, ceritanya tetap seru untuk ditonton.
  • Keduanya berkisah tentang pembasmi roh jahat.
  • Mob dan Hanako selalu membantu orang lain yang kesulitan.
  • Ada karakter roh yang selalu menemani sang MC.
  • Mob dan Hanako sama-sama kuat.


Bungou Stray Dogs

Nakajima Atsushi dikeluarkan dari panti asuhan tempat ia tinggal karena dianggap membebani. Suatu hari saat sedang kelaparan, Atsushi melihat seorang pria terapung di sungai. Tanpa berpikir panjang ia pun menyelamatkannya, pria bernama Dazai Osamu tersebut adalah seorang detektif yang mencoba untuk bunuh diri. Sejak hari itu, Atsushi harus terlibat dalam pemecahan berbagai masalah bersamanya.

Alasan Bungou Stray Dogs Mirip Mob Pyscho 100

  • Kedua anime ini fokus pada karakter yang menghadapi berbagai tantangan karena kekuatan yang dimilikinya. Mereka juga terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu.


Gintama

Sejak kedatangan alien  yang disebut sebagai amanto, jaman edo Jepang berubah menjadi akulturasi antara budaya dan teknologi. Disanalah Sakata Gintoki tinggal, dengan menjadi yorozuya ia melakukan berbagai pekerjaan untuk mendapatkan uang. Namun tidak ada pekerjaan ataupun harinya yang tanpa tawa dan kekacauan.

Alasan Gintama Mirip Mob Pyscho 100

  • Mob dan Gintoki sama-sama memiliki mata mirip ikan yang mati.
  • Kedua anime ini sangat lucu, namun saat memasuki momen serius keduanya juga sangat keren.


Musaigen no Phantom World

Setelah kecelakaan biologis, manusia kini bisa melihat makhluk halus yang disebut sebagai Phantom. Anak yang lahir setelah kejadian itupun juga mempunyai kemampuan supernatural. Haruhiko dan Mai adalah sepasang siswa yang menggunakan kemampuan tersebut untuk memburu phantom yang mengganggu manusia demi mendapatkan uang saku tambahan.

Alasan Musaigen no Phantom World Mirip Mob Psycho 100

  • Adanya karakter phantom yang mirip konsep roh di Mob Psycho 100.
  • Karakter utama menggunakan kekuatan super untuk membasmi makhluk halus tersebut.
  • Berseting di sekolah.
  • Seiring berjalannya waktu, karakter tersebut mulai terlibat masalah dengan sebuah organisasi besar.
  • Sang karakter utama melakukan pekerjaan karena disewa atau dibayar.
  • Ada side char yang perannya sama seperti Dimple.

Natsume no Yuujinchou

Takashi Natsume merupakan seorang anak yatim piatu yang dapat melihat youkai. Ia juga sering menjadi incaran para youkai karena buku Yuujinchou yang ia dapatkan dari neneknya. Dengan buku tersebut, Natsume bisa mengendalikan berbagai jenis youkai dan menggunakannya untuk melawan youkai yang lainnya.

Alasan Natsume Yuujinchou Mirip Mob Pyscho 100

  • Mob Psycho 100 dan Natsume no Yuujinchou memiliki konsep yang sama, namun Mob lebih cenderung ke comedy sedangkan Natsume no Yuujinchou lebih serius.
  • Karakter utamanya ditemani oleh makhluk yang berasal dari ras musuhnya.


Mahouka Koukou no Rettousei

Berlatar dunia di akhir abad 21, tempat dimana sihir sudah menjadi hal yang wajar dan bahkan diajarkan di sekolah. Cerita ini berpusat pada dua kakak beradik Tatsuya dan Miyuki Shiba, mereka masuk ke sebuah sekolah sihir demi melatih kemampuannya. Disana keduanya harus menghadapi berbagai masalah dan tantangan demi mengembangkan diri.

Alasan Mahouka Koukou no Rettousei Mirip Mob Pyscho 100

  • Karakter utama yang overpower dan sangat kuat.
  • Menggunakan konsep kekuatan psikis dan sihir.
  • Karakternya seorang siswa dan berlatar di sebuah sekolah.


Hunter x Hunter

Gon Freecs, anak berumur 12 tahun yang memutuskan untuk mengikuti ujian hunter yang terkenal sangat berbahaya. Hal itu ia lakukan demi mendapatkan lisensi hunter yang dapat membuatnya menjelajahi berbagai tempat terlarang di dunia. Tujuan utama anak ini adalah untuk menemukan sang ayah yang merupakan seorang pro hunter.

Alasan Hunter x Hunter Mirip Mob Pyscho 100

  • HxH dan Mob Psycho 100 merupakan contoh anime yang menggunakan penjelasan dari narrator. Jaman sekarang sangat jarang anime yang menggunakan narrator untuk menjelaskan berbagai hal yang terjadi di dalamnya.


Zettai Karen Children : The Unlimited – Hyoubu Kyosuke

Hyoubu Kyousuke merupakan boss dari sebuah organisasi kriminal terkuat bernama P.A.N.D.R.A. Dengan kekuatan psikis miliknya, ia bisa menghancurkan satu pasukan pemerintah sendirian. Namun setelah kejadian itu Kyousuke malah menyerahkan dirinya dan dimasukkan ke sebuah penjara di pulau yang berisi para esper. Apa tujuan sebenarnya dari tindakan tersebut?

Alasan Zettai Karen Children : The Unlimited – Hyoubu Kyosuke Mirip Mob Pyscho 100

  • Karakter utamanya sama-sama seorang esper yang sangat kuat.


Ao no Exorcist

Rin Okumura merupakan seorang anak berumur 15 tahun yang ternyata adalah seorang putra dari satan. Kenyataan tersebut ia ketahui setelah melihat ayah angkatnya, Fujimoto Shiro terbunuh saat melindunginya dari satan. Setelah kejadian itu, Rin bertekad untuk menjadi seorang exorcist yang membasmi para satan. Dibantu dengan adik dan teman-temannya, ia memulai petualangan melawan bangsanya sendiri.

Alasan Ao no Exorcist Mirip Mob Pyscho 100

  • Cerita berpusat pada kehidupan kakak beradik.
  • Sang kakak (Mob dan Rin) memiliki kekuatan super yang sangat besar sedangkan sang adik (Ritsu dan Yukio) tidak memiliki kekuatan seperti kakaknya.


Itulah daftar rekomendasi anime yang mirip dengan Mob Psycho 100. Jangan lupa untuk melihat rekomendasi anime mirip versi Chameleonime lainnya.
Related Posts

Related Posts

Post a Comment