j5XpcW8LPSTMXB3E43AmnBvL2r59s0Bn3s1rqebM

7 Antivirus Terbaik & Ringan Serta Gratis Untuk Komputer / Laptop PC 2017

7 Antivirus Terbaik & Ringan Serta Gratis Untuk Komputer / Laptop PC 2017


Apakah anda merupakan tipe orang yang biasa menggunakan komputer atau laptop untuk keperluan kerja, jika benar pasti anda tahu bahwa fungsi serta kelebihan komputer sangat banyak untuk membantu menyelesaikan pekerjaan anda.

Yap!! Dengan adanya komputer pekerjaan anda akan menjadi lebih efisien dan mudah, selain itu komputer juga sangat berguna untuk meningkatkan produktifitas kerja.

Tapi pernahkah anda mengalami masalah yang datang tiba-tiba ketika menggunakan komputer? Jika iya maka anda tidak sendirian, karena saya dan masih banyak lagi orang di luar sana juga mengalami problem tersebut, di setiap masalah cara untuk menyelesaikanya berbeda-beda, berbagai hal yang menyebabkan komputer mendapatkan problem itu banyak sekali penyebabnya.

Baca Juga : 5 Software Editing Foto Terbaik Untuk Windows 10

Hal yang terpenting dalam menanggulangi problem pada komputer agar tidak rasakan akibatnya ialah dengan cara melakukan perwatan yang teratur pada komputer yang kita miliki, mulai dari perawatan dari hardware sampai siystem operasi itu sendiri. Oleh karena itu anda harus tahu pasti masalah yang anda hadapi ini, agar tidak di rasakan kembali dampaknya di masa yang akan datang.

Perlu anda ingat bahwa mengabaikan suatu perawatan komputer atau laptop merupakan kesalahan yang cukup fatal, mungkin dampaknya tidak akan anda rasakan saat ini, tapi mungkin beberapa bulan yang akan datang anda baru merasakan akibatnya. Karena hal yang seperti inilah banyak orang yang mengalami problem komputer dalam penggunnaanya, dan kebanyakan masalah tersebut karena di sebabkan oleh virus yang menyerang melalui sistem komputer.

Perlu anda ketahui bahwa sebenarnya virus itu sangat berbahaya dan juga jika di biarkan maka akan sangat berpengaruh pada kinerja komputer anda, lalu apa sebenarnya virus itu, hingga sangat di takuti oleh berbagai user? Jika di ibaratkan virus itu seperti bakteri yang menyerang tubuh manusia, jika di biarkan maka mereka akan merusak, karena pada hakikatny virus dibuat untuk tujuan merusak.

Virus sendiri merupakan sebuah sistem yang memiliki sifat untuk menggandakan, menyalin,
mengubah, menghapus, merusak sebiah sistem dan dapat menyebar ke perangkat lain dengan cara interaksi perangkat misal berbagi file dengan flash disk dan berbagi koneksi internet melalui jaringan yang sama.

Jika tahu seperti ini maka kesimpulan dari yang namanya virus itu sudah jelas yaitu! Virus sangat merugikan bagi para pengguna komputer karena kerjanya yang dapat menghilangkan hingga menghancurkan file-file penting dalam laptop atau komputer kita.

Jadi bagaimana sudah tahu seberapa bahaya yang namanya virus itu? Jika demikian maka kita tidak boleh membiarkanya begitu saja, karena jika anda biarkan terus menerus maka si virus akan bertambah dan bisa saja merusak perangkat hardware anda. Oleh karena itu tindakan apa yang harus kita lakukan agar terhindar dari serangan virus yang mematikan ini?

Namanya juga virus pasti ada penangkalnya, seperti halnya penyakit yang ada di dunia, semua penyakit pasti ada obatnya, setiap permasalahan pasti ada solusinya.

Untuk melindungi laptop atau komputer kita dari virus kita membutuhkan yang namanya software antivirus, jika anda sudah memiliki antivirus yang tangguh dab perkasa maka virus pasti akan tunduk olehnya, lalu kegunaan dari antivirus itu apa?

Kegunanya memang tidak terlalu banyak karena pada hakekatnya antivirus hanya di pergunakan untuk menghalau virus masuk dan melakukan semua hal yang hubunganya degan pembasmian virus, jadi anda tidak bisa melakukan selfie dengan anti virus (wkwkwk).

Kalau anda sudah lama berkelana di dunia internet maka anda pasti sudah tahu ada berapa banyak software antivirus yang sudah di rilis di seluruh dunia, di antaranya memang masih baru dan beberapa lagi sudah terkenal sejak dulu dan masih terus melakukan update untuk memper kuat perlindungan.
Beberapa hal yang saya ketahui mengenai antivirus yaitu jika antivirus tersebut berukuran kecil maka biasanya antivirus tersebut memiliki penyimpanan database penanggulangan virus yang tidak banyak, mungkin hanya berisi penanganan virus standar saja.

Tapi dalam memilih sebuah antivirus terbaik tidak selalu terpaku pada besarnya suatu size antivirus, tapi hal yang harus kita pertimbangakan ialah apakah antivirus tersebut memiliki database yang mampu digunakan untuk menghancurkan virus sampai ke akar-akarnya tanpa tersisa atau hanya menghancurkan bagian luarnya saja tidak untuk bagian dalam.

Lalu kita juga harus memili antivirus terbaik dari segi fitur-fitur yang di berikan oleh software tersebut, apakah fitur yang ada dapat memenuhi kebutuhan kita untuk meproteksi komputer dari serangan virus atau malah memiliki kekurangan yang signifikan dalam menghadapi virus yang lebih ganas.

Anda harus lebih waspada lagi jika anda sering melakukan belanja online di internet, hati-hati dengan akun online serta saldo uang anda, karena jika tidak bisa saja virus semacam trojan menghabisi anda dengan mengintai log aktifitas anda dalam melakukan transaksi.

Kebanyakan antivirus yang memiliki fitur yang melimpah serta mempunyai proteksi virus tambahan yang handal maka antivirus tersebut biasanya hanya untuk versi berbayar alias ngga gratisan.
Oleh karena itu pada artikel ini saya akan memberikan daftar antivirus terbaik serta gratis yang siap anda gunakan untuk menggempur virus di komputer anda agar tidak bisa menyerang anda lagi.

Software Aplikasi Antivirus Terbaik Gratis di PC/Laptop Terbaru 2017


Daftar ini saya buat dengan mempertimbangkan berbagai hal seperti ke ampuhan antivirus, bagus tidaknya dalam menangani virus dan berbagai hal lain yang bersangkutan. Oleh karena itu daftar ini merupakan daftar antivirus gratis dan terbaik di tahun 2017 yang harus anda miliki.

Walaupun begitu jangan sampai anda menginstal semua antivirus yang saya rekomendasikan di bawah ini, dalam satu komputer anda cukup menginstal 2 antivirus saja, karena jika terlalu banyak maka kinerja nativirus akan error karena saling menganggap antivirus yang sati dengan yang lainya merupakan virus itu sendiri.

#1. Avira Free Antivirus

antivirus terbaik Avira Free Antivirus

Dan siapa yang tidak tahu avira, sepertinya banyak dari kalian yang sudah mengetahui antvirus yang satu ini, avira merupakan sebuah antivirus yang memberikan perlindungan secara real time, selain itu avira memiliki keunggulan dalam melakukan pemindaian yang lebih efisien.

Avira pandai dalam mengatasi virus macam trojan, malware, warm dan masih banyak lagi. Tidak meragukan jika avira merupakan salah satu software antivirus terbaik di tahun 2017 ini, avira juga selalu mengawasi pergerakan setiap program yang berjalan pada komputer, dan bila ada gerakan yang mencurigakan maka avira kan langsung tanggap dan membersihkan virus tersebut.

Berikut ialah beberapa Fitur yang di miliki oleh Avira Free Antivirus :


  1. AntiRookit untuk perlindungan terhadap rookit.
  2. Proteksi terhadap virus berbahaya
  3. Antispyware perlindungan dari spyware dan adware.
  4. Scanning dan analisis virus.


Hal yang sangat saya kagumi dari antivirus yang satu ini ialah proses instalasi yang di lakukanya sangat mudah dan simpel untuk di lakukan bahkan untuk seorang newbie sekalipun. Tapi hal yang sangat di sayangkan ialah avira mungkin akan berjalan lambat jika di gunakan untu laptop yang memiliki spec pas-pasan misalnya laptop atau komputer yang memiliki kapasitas RAM sebesar 2 atau satu GB saja, sehingga kadang-kadang komputer akan hang dan berhenti berjalan hal ini karena fitur avira terlalu berat utuk di jalankan, tetapi fitur tersebut bisa dibilang sangat ampuh untuk menumpas virus, sehingga jika spec laptop anda memadai saya sarankan untuk menngunakan avira sebagai antivirus anda.

#2. Bitdefender Free Antivirus


Software lain yang juga memiliki kehandalan untuk melawan virus yaitu Bitdefender, seperti kebanyakan software antivirus lainya Bitdefender memiliki versi gratisan dan juga versi berbayar.
Untuk anda yang hanya merupakan pengguna rumahan maka saya sangat merekomendasikan untuk menggunakan versi personal atau gratisanya saja.

Walaupun gratisan tapi ke hebatanya dalam menangani virus juga patut di acungi jempol loh, Bitdefender dapat mengatasi berbagai macam malware yang biasanya menyerang komputer dan laptop.
Dan bagi anda yang merupakan pembisnis maka versi berbayar sangat saya rekomendasikan, hal ini karena fiturnya lebih lengkap serta lebih stabil dalam memindai virus.

#3. 360 Security for PC

antivirus gratis 360 Security for PC

Selanjtunya rekomendasi antivirus terbaim 2017 dari saya adalah 360 Security, antivirus ini memiliki kegunaan serta banyak fasilitas yang sangat bermanfaat untuk anda gunakan, untuk aplikasinya sendiri software ini mudha untuk anda gunakan sebagai pelindung omputer maupun laptop.

Hal yang menurut saya unik dari antivirus 360 Security ini yaitu, mereka dapat memberitahukan kita apakah jaringan yang sedang kita gunakan ini merupakan jaringan aman atau malah rawan terkena virus malware, sehingga jika secara tidak sengaja anda terkoneksi atau menggunakan jaringan yang di nilai tidak aman dan berbahaya maka anda akan di berik notifikasi atau peringatan dari 360 Security ini.

Dan notifikasi tersebut akan menanyakan kepada anda apakah, anda tetap setuju untuk menggunakan jaringan ini atau anada memilih untuk memutuskan jaringan tersebut sekarang juga.

Antivirus 360 Security ini merupakan software yang memiliki perlindungan yang terbilanglengkap untuk menghalau virus, 360 Security juga dapat melindungi anda dari berbagai virus jeis baru maupun lama. Ketika anda sedang melakukan transaksi online serta mendownload file dan melakukan kegiatan browsing yang memiliki hal rentan untuk terkena virus maka 360 Security siap mengamankan anda dari semua hal tersebut.

Fitur lain dari 360 Security yaitu pemeriksaan untuk ke amanan dari jaringan wifi, jika anda berada di zona jaringan berbahaya yang memiliki hal-hal mencurigakan yang berbau negatif maka dengan sigap 360 Security akan memberithaukan anda untuk melakukan beberapa langkah pertama untuk mengamnkan diri dari serangan virus berbahaya.

Berikut adalah beberapa fitur yang dimiliki oleh 360 Security av :


  1. Speedup, berfungsi untuk mempercepat proses boot pada pc atau laptop sobat.
  2. Cleanup (membuat / meningkatkan kinerja pc).
  3. Protection PC dari (Malware, backdoor, pihsing dan lainya)
  4. Checkup untuk memeriksa seluruh kondisi keamanan pc hanya dengan satu klik.


Walaupun hanya merupakan sebuah aplikasi gratis yang bukan merupakan software komersial tetapi fitur serta kinerja yang di berikanya boleh juga untuk di adu dengan antivirus lain yang memiliki popularitas lebih tinggi atau sepadan.

#4. Malwarebytes Anti Malware


Berikut juga merupakan antivirus yang tangguh dalam memproteksi komputer, antivirus ini dapat menghapus virus secara keseluruhan terutama virus malware yang kian lama kian marak menyerang user online, selain itu Malwarebytes juga mampu mengatasi virus adware, trojan serta spyware. Jadi intinya untuk menjaga suatu sistem komputer agar tetap aman serta terjaga dari virus maka di butuhkan antivirus yang bisa mengatasi berbagai macam virus yang menghadang dan juga antivirus yang mampu memberikan pengamanan yang tangguh terhadap komputer.

Oleh karena itu anda yang sedang mencari antivirus terbaik saya sangat merekomendasikan Malwarebytes av untuk anda gunakan di komputer atau laptop anda.

Berikut adalah kelebihan atau fitur antivirus dari Malwarebytes yang bisa nada simak :


  1. Update database rutin.
  2. Pemindaian cepat dan stabil.
  3. Tampilan yang user interface mudah digunakan.
  4. Bisa scan penuh ke semua drive.


Tapi hal yang bisa dibilang sangat di sayangkan pada antivirus ini yaitu tidak tersedianya protection real time untuk versi gratisanya, hal ini mengakibatkan komputer anda tidak bisa selalu terproteksi setiap saat. Jadi untuk versi gratis Malwarebytes hanya bisa digunakan untuk memindai serta melawan malware saja tidak lebih. Oleh karena itu untuk penganan yang lebih optimal sebaiknya anda meggunakn versi yang berbayar dari Malwarebytes ini.

#5. Panda Free Antivirus Cloud

Panda Free Antivirus Cloud

Salah satu software antivirus handal lainya yaitu Panda Free Antivirus, antivirus ini cukup tangguh loh dalam menghancurkan virus sampai ke akar-akarnya. Dan antivirus ini menggunakan simbol atau logo panda dalam brand nya.

Selain memiliki kinerja yang ringan untuk komputer panda av ini juga dapat menghalau pergerakan virus seperti trojan, malware dan beberapa virus ganas lainya. Anda juga haru tahu bahwa software antivirus panda ini menggunakan metode cloud dalam perlindunganya, cloud yaitu cara menangani virus dengan cara menggunnakan remote server jarak jauh yang dimiliki oleh panda, dengan metode yang seperti ini panda av menjadi cepat tanggap dalam melakukan pertahanan serta lebih efektif dalam mengatasi virus yang datang.

Beriktu ialah kelebihan yang dimiliki oleh software Panda Cloud Antivirus terbaik :


  1. Perlindungan real time dari virus berbahaya.
  2. Update rutin Database pemindai Virus.
  3. Metode Cloud memungkinkan tidak membebani kinerja PC.
  4. Scanning Lebih cepat karena menggunakan Metode Cloud.


Cara penangana panda av ini terbilang cukup unik karena menggunakan metode clodu anti virus, karena hal ini juga update secara rutin bisa di laukan dengan mudah dan lebih efisien.

#6. AVG Antivirus Free


Antivirus lain yang sangat saya rekomendasikan ialah AVG, AVG sangat bagus untuk perlindungan pc anda dari virus serta malware yang biasanya menyerang saat anda sedang dalam ke adaan online, antivirus ini di gunakan untuk sistem operasi windows, dan tentu saja antivirus ini gratis dan bisa anda download di situs resminya secara langsung, sedangkan jika anda ingin mendapatkan fitur yang lebih lengkap serta hebat dalam penanganan virus maka lebih baik anda memilih versi yang berbayar untuk antivirus AVG ini.

Kenapa? Karena fitur dari AVG ini untuk versi berbayar sangatlah bagus dan wow untuk anda miliki, selain itu fitur tersebut dapat membantu memproteksi komputer anda dari malware serta spyware secara up time dan efisien.

Tapi jangan salah walaupun sayame rekomendasikan anda untuk menggunakan versi berbayar nya, tapi anda jangan terlalu meremehkan kekuatan dari versi gratisanya yah. Karena versi gratisan dari AVG ini saja sudah cukup tangguh loh untuk memproteksi komputer dari virus, selain itu antivirus AVG ini terbilang ringan unntuk di gunakan oleh komputer yang spec nya biasa-biasa saja.

Dan yang lebih bagusnya lagi yaitu untuk versi gratis ini ternyata AVG sudah memberikan fitur perlindungan internet protection, jadi ketika anda sedang online ke amanan anda menjadi lebih terjaga oleh si AVG ini. Karena kinerja AVG untuk fitur Internet Protection ini yaitu memblokir situs berbahay secara otomatis tanpa anda perintah terlebih dahulu.

Berikut ialah fitur Protection AVG yang cukup menggiurkan yaitu :


  1. Residen Shield.
  2. Antivirus (Proteksi Virus trojan, spyware, malware dll)
  3. Identyf protection.
  4. Link Scanner
  5. Pengamanan sistem dan analisis komputer atau laptop pc.
  6. Anti rookit, report program dan melacak cookie web dan program.


Selain merupakan antivirus terbaik dalam penangana virus AVG ini bisa dibilang software antivirus yang memiliki update software secara rutin, hal ini bisa anda nilai karena AVG sangat kompeten dalam menjadi antvirus no 1 dalam memproteksi komputer atau laptop anda.

#7. AVAST Anti Virus – Free for PC

AVAST Anti Virus – Free for PC

Jika anda sudah melihat beberapa antivirus yang sering di gunakan di beberapa warnet tempat anda tinggal pasti kebanyakan dari mereka menggunaka antivirus avast, yah antivirus ini memang sudah cukuo populer sejak dulu, bahkan hingga sekarang antivirus ini memiliki user sampai ratusan ribu pengguna.

Antivirus avast ini sudah sagat terbukti ke ampuhanya dalam menangani virus yang sering menyerang pertahanan komputer yang anda miliki. Oh ya avast software merupakan antivirus yang di produksi oleh alwil software yang memiliki pusat kantor di praha republi ceko, jadi saya rasa antivirus ini sangat mungkin untuk saya sisipkan di daftar antivirus terbaik 2017 yang harus kamu miliki.

Avast Antivirus memiliki beberapa kelebihan yang sangat berguna untuk menghalau virus, berikut kelebihanya :

  1. Antivirus Karnel.
  2. Scan boot time (pemindaian runtime saar komputer dinyalakan)
  3. Web Shield and Resident Protection.
  4. Tampilan user Interface.
  5. Anti Rookit built in.
  6. Anti Sypware built in.

Jadi itulah beberapa kelebihan antivirus avast terbaik serta gratis yang mungkin bisa kamu pilih sebagai pendampingmu untuk mengantisipasi serangan virus yang menyebalkan, dilihat dari fitur yang ada sepertinya avast memang sangat dapat di andalkan untuk menghapus serta mengahncurkan virus.


Ok.. jadi hanya itu saja daftar antivirus yang bisa saya berikan ke pada anda semua, semoga denga adanya artikel ini anda bisa sedikit memiliki gmabaran untuk memilih antivirus terbaik yang bisa di gunakan untuk melindungi komputer anda dalam melakukan aktifitas atau kegiatan kerja anda sa hari-hari. Dan bila anda berkenan, tolong share artikel ini ke sosial media agar mereka yang masih mencari rekomendasi antivirus terbaik dapat membaca artikel ini sebagai acuan untuk memilih antiviru terbaik tahun ini.
Related Posts

Related Posts

Post a Comment