j5XpcW8LPSTMXB3E43AmnBvL2r59s0Bn3s1rqebM

Top 3 Game Engine Terbaik 2017 Untuk Android & PC Terpopuler

Top 3 Game Engine Terbaik 2017 Untuk Android & PC Terpopuler

Game Engine Terbaik Dan Terpopuler Untuk Pemula Dan Advance


Apa Itu Game Engine


Kamu mungkin pernah mendengar istilal ini sebelumnya, tetapi tIdak tahu persis secara pasti apa sebenarnya game engine itu.

Mungkin cara terbaik untuk dapat memahami game engine ialah dengan mengetahui apa sebenarnya fungsi dari engine tersebut.

Baca Juga: VGA Terbaik Untuk Gaming

Game engine adalah sebuah arsitektur yang di gunakan untuk menjalankan sebuah game oleh para developer.

Rata-rata game engine menyediakan sebuah fitur pengembangan untuk para developer seperti:
  • physics - Fisika
  • input - Masukan
  • rendering - Render
  • scripting - Scripting
  • collision detection - Collision
  • artificial intelligence - kecerdasan buatan
  • dan masih banyak lagi

Mengapa Sebuah Game Engine Sangatlah Penting


Game engine berguna untuk digunakan sebagai alat pengembang yang di gunakan untuk membangun atau merencanakan suatu permainan.

Game engine sangat membantu para developer untuk lebih fokus dalam membuat sebuah model karakter, tekstur, serta bagaimana suatu objek dalam game dapat ber interaksi dll.

Dan dalam membuat game sekelas PS4 contohnya saja GTA 5, jika mengerjakan sebuah projek tersebut seorang diri maka waktu yang dibutuhkan akan sangat lama serta akan lebih sulit dalam pembuatan, karena yang namanya membuat game itu membutuhkan yang namanya kerja sama bukan kerja sendiri.

Yah walaupun sebenarnya tetap ada juga mereke para developer jagoan yang sangat profesional dapat membuat game indie secara mandiri.

Dalam membuat game kita membutuhkan aplikasi antarmuka seperti DirectX, OpenGL, dan XNA serta libraries yang mengandung physics, scene graph, fan juga GUI libraries.

Terkadang membuat sebuah game di game engine memang tidaklah mudah tapi ada saatnya juga membuat game adalah hal yang sangat menyenangkan untuk dijalani.

Berikut Ialah Daftar Game Engine Yang Paling Populer


Unreal Engine




Salah satu game engine yang paling populer saat ini ialah unreal engine dari epic games, engine ini telah di gunakan oleh ribuan developer games di seluruh dunia.

Versi asli dari unreal engine telah dirilis pada tahun 1998, lalu 17 tahun kemudian terus berlanjut hingga digunakan untuk membuat game-game besar di setiap tahunya.

Judul game terkenal yang dibuat dengan unreal engine yaitu Gears of War, seri Mass Effect, seri Bioshock, dan seri Batman: Arkham.

Baca Juga: Laptop ASUS Terbaik

Kekuatan tersembunyi yang dimiliki oleh unreal engine yaitu kemampuanya dalam memodifikasi sebuah game yang dapat membuat pengalaman bermain menjadi sangat unik dan menarik.

Versi terbaru unreal engine adalah UE4 (unreal engine 4) dikatakan bahwa versi ini merupakan versi yang sangat bagus dan juga mudah di gunakan untuk para profesional dev maupun untuk para developer pemula.

Namun bukan hanya unreal engine saja yang begitu mencolok sebagai game engine terbaik karena masih ada lagi game engine yang tidak kalah bagus juga dari unreal engine.

Unity




Salah satu game engine yang mampu menyaingi unreal engine ialah unity, game engine multi platfom ini memungkinkan anda untuk dapat membuat sebuha konten 3d yang lebih interaktif dengan lebih mudah.

Banyak developer indie yang menggunakan unity karena fungsinya yang cukup mumpuni, kulitas konten yang sangat luarbiasa, dan kemampuanya dalam membuat berbagai macam genre games yang sangat handal

Judul game terkenal yang dibuat oleh unity 3d yaitu Lara Croft Go, Her Story, Pillars of Eternity, dan Kerbal Space Program.

Salah satu hal terbaik mengenai unity 3d 5 adalah gratisnya versi personal edition untuk semua orang yang memiliki niat untuk menjadi developer game.

Unity 3d termasuk game engine yang mencakup semua fitur dalam pembuatan sebuah game dan hampir semua platfome game bisa di buat oleh unity.

Masalahnya ialah pada personal edition, edisi ini memiliki sejumlah tools serta fitur yang sangat baik akan tetapi anda di haruskan untuk membayar biaya setiap bulanya.

fitur-fitur tadi termasuk beta access, game performance reporting, customizable splash screens, a team license, dan masih banyak lagi.

Dan game engine terakhir yang akan di bahas di bawah ini juga tidak kalah populer loh...

Game Maker




Tidak seperti kebanyakan game engine lainya, GameMaker: Studio telah banyak di gunakan dalam pembuatan game tanpa memerlukan pengetahuan dasar pemrograman sama sekali.

Sebaliknya pengguna dapat melakukan "point-and-klik" dalam pembuatanya, oleh karena itu membuat game dengan game maker terbilang snagatlah cepat, karena game engine ini menggunakan arsitektur 2 dimensi

Beberapa judul game yang terkenal ialah Spelunky, Hotline Miami, Super Crate Box, dan juga Hyper Light Drifter.

GameMaker populer karena Anda dapat membuat game tanpa harus belajar bahasa pemrograman terlebih dahulu dan bagi mereka yang sudah memiliki pengalaman coding dapat menggunakannya untuk membuat game mereka menjadi lebih baik lagi.

Masalah yang sangat runyam di GameMaker ialah: dikarenakan pembuatan game di engine ini hanya menggunakan point-and-klik sehingga masih banyak keterbatasan dalam dalam pembuatan game di bandingkan dengan game engine yang lain.

Dan game maker ternyata juga menyediakan versi gratis untuk di gunakan oleh para developer, tapi untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dari game maker anda harus membeli versi profesional maupun versi Master Collection.

Demikian artikel mengenai Game Engine Terbaik 2017, semoga artikel ini dapat membantu anda dalam mencari referensi game engine terbaik.

Link Eksternal: GameDesigning
Related Posts

Related Posts

9 comments

  1. Owalah, yg saya tahu cuma download terus main gan hehehe. Nice Info

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh... iya mas kao ada game pasti juga ada yang buat heheh...

      Delete
  2. Ternyata susah yh bikin game yg bagus

    ReplyDelete
  3. Gamenya keren keren semua gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini game engine mas.. software yg digunakan untuk membuat game... bukan gamenya... heheh

      Delete
  4. daftar game engine di postingan ini emang sangat populer... pokoknya mantab banget buat para pemula maupun pro yang mau buat game dari awal!!!

    ReplyDelete
Ingin Berkmentar? Tidak Usah Malu-Malu Yang Penting Jaga Sikap Dan Tutur Kata!