j5XpcW8LPSTMXB3E43AmnBvL2r59s0Bn3s1rqebM

Gerbang Kebenaran, Pintu Pengetahuan Bagi Para Alkemis

Apa Itu Gerbang Kebenaran (Gate of Truth)?

Gerbang Alkimia/Gerbang kebenaran (Gate of Truth) merupakan sumber dari pengetahuan tentang alkimia. Gerbang tersebut juga merupakan pintu masuk ke dalam wilayah Tuhan yang mana tidak boleh dimasuki oleh manusia. Dalam anime versi 2009, gerbang kebenaran digambarkan sebagai sepasang pintu batu raksasa yang diukir dengan mural dan berdiri di hamparan putih tak terhingga.



Meskipun nampak tidak ada apa-apa, jika gerbang tersebut dibuka akan menyeret kita ke dalam sebuah dimensi informasi. Digambarkan dengan tangan-tangan hitam dan mata yang akan menyeret manusia yang berusaha masuk kesana, mirip dengan wujud asli “ayah” dan Pride.
Setiap alkemis yang melakukan transmutasi manusia akan dipanggil dan bertemu dengan “kebenaran” sebelum akhirnya diseret masuk ke dalam gerbang. Di dalamnya terdapat segala jenis pengetahuan tentang alkimia, dunia dan alam semesta yang akan masuk ke dalam pikiran sang alkemis. Hal ini bisa menyebabkan trauma mendalam bagi mereka yang tidak bisa menahannya.

Namun para alkemis hanya akan memperoleh pengetahuan setara dengan apa yang ia “berikan”. Misal Edward Elric yang kehilangan kaki kirinya mendapat beberapa pengetahuan, namun Alphonse yang kehilangan seluruh tubuhnya mendapatkan pengetahuan yang jauh lebih banyak daripada Edward. Batu Philoshoper (Kenja no Ishi) merupakan satu-satunya hal yang bisa membuat manusia melewati gerbang tanpa harus membayar apapun.

Selain itu bagi mereka yang telah melewati Gerbang Kebenaran dan kembali dengan selamat akan dapat menggunakan alkimia tanpa lingkaran transmutasi. Walaupun nampak sama, namun ukiran di Gerbang Kebenaran adalah berbeda pada setiap orang yang melewatinya. Hal tersebut merupakan cerminan jati diri serta pemahaman mereka terhadap “kebenaran”.
Dalam bab 51 terungkap bahwa Homunculus sebenarnya adalah percobaan gagal dari “ayah” dalam usaha untuk membuat Gerbang Alkimia demi mengakses semua pengetahuan tentang alkimia. Nampak saat mulut pada perut Gluttony terbuka akan sangat mirip dengan Gerbang Kebenaran, bedanya yang ada pada Gluttony hanyalah kehampaan.

Di bab 108 dijelaskan bahwa gerbang individu adalah sesuatu yang memungkinkan seseorang untuk menggunakan alkimia. Gerbang tersebut juga dapat digunakan sebagai “bayaran” untuk mengambil kembali apa yang telah diambil oleh “kebenaran”, namun saat itu pula orang tersebut tidak akan bisa menggunakan alkimia untuk selamanya seperti Edward Elric.

Gerbang Kebenaran Versi Anime 2003

Dalam versi anime 2003, Gerbang Kebenaran tetap digambarkan sebagai pintu raksasa yang berdiri di hamparan putih tidak terbatas. Namun disini ia memiliki fungsi yang berbeda, bukannya menjadi sumber pengetahuan, gerbang ini merupakan portal serta sumber dari energi yang digunakan untuk transmutasi.

Dijelaskan bahwa jiwa orang-orang yang telah mati akan menjadi energi dan melewati gerbang tersebut. Ketika seorang alkemis melakukan transmutasi, mereka akan mengambil energi tersebut melalui Gerbang Kebenaran dalam dirinya.

Cara Membuka Gerbang Kebenaran

Menurut serial Fullmetal Alchemist, Gerbang Kebenaran hanya bisa dibuka dengan 3 cara :

  • Melakukan transmutasi manusia untuk menyebrang dan memasuki wilayah Tuhan
  • Mengaktifkan lingkaran transmutasi pada tubuh bayi, hal ini karena bayi tidak memiliki ikatan kuat antara pikiran, tubuh dan jiwa.
  • Mengorbankan manusia atau Homunculus dalam sebuah lingkaran transmutasi tertentu.


Related Posts

Related Posts

Post a Comment